Printer Brother,  7 Kehebatannya  Buatku Jatuh Cinta

Tet.. teretet.. teretet.. teretet.. teretet…

Suara berisik itu terdengar jelas di telinga. Suara motor? Bukan, suara itu sama sekali bukan suara kendaraan yang sedang melaju, walaupun lokasi ruang guru di sekolah tempat kami bekerja memang dekat dengan jalan raya. Lantas, suara apa gerangan? Hmm, ternyata suara berisik ini berasal dari sebuah printer! Ya, printer jenis inkjet yang berada di pojok belakang ruang guru inilah salah satu sumber kebisingan sehari-hari.

 

 

 

“Pak, Senin besuk ada Penilaian Kinerja Sekolah. Tolong persiapkan dokumen-dokumen ini ya?” Tiba-tiba seorang rekan kerja senior menghampiri saya sambil menyerahkan selembar kertas yang bertuliskan daftar dokumen yang harus segera saya print.

“Baik, Pak..” Jawab saya singkat sambil membuka laptop.

Kemudian saya segera mencari folder tempat menyimpan file-file yang akan dicetak. Saya agak terburu-buru, mengingat hari itu adalah hari Sabtu. Hari Minggu, sudah pasti kami libur. Sehingga, saya hanya punya waktu sampai Sabtu sore untuk mencetak seluruh dokumen tersebut. 

Tak lama, setelah semua file ketemu, saya pun segera menghampiri printer hitam yang nongkrong di sebuah meja.

Tet.. teretet.. teretet.. teretet.. teretet…

Suara berisik itu kembali terdengar. Tapi tak mengapa, asal tugas mencetak dokumen ini selesai sore itu juga. Pasalnya, hari Minggu, bagi saya adalah waktu untuk keluarga.

Sebisa mungkin saya tidak menggunakan hari itu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan. Terlebih, akhir pekan itu saya sudah berjanji untuk mengajak mereka jalan-jalan keliling Candi Plaosan.

 

 

Sore itu, kesepuluh jari saya terus menari-nari di atas keyboard laptop untuk mengedit beberapa tulisan. Sesekali tangan kanan ini menghampiri si tikus optik yang ada di sampingnya. Entah berapa kali sudah saya memencet tombol control+P. Sampai-sampai tak terasa, jarum pendek jam di dinding ternyata sudah menunjukkan angka 3. Pertanda, sebentar lagi saya harus segera pulang ke rumah. Karena belum semua dokumen yang dibutuhkan tercetak, saya pun terus memacu kerja printer, hingga tiba-tiba…

“Yah, tintanya habis..”

Kecewa? Iya. Tapi mau bagaimana lagi. Saya harus bisa memaklumi, karena jenis printer seperti yang ada di ruang guru ini, selain performanya lambat, tintanya juga cepat habis. Apalagi setiap hari digunakan oleh banyak orang untuk mencetak ratusan dokumen, mulai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pembelajaran, soal-soal ulangan, hingga administrasi guru lainnya.

Maka, tiada hari tanpa isi ulang tinta. Begitulah saya menggambarkannya. Bahkan, isi ulangnya pun susah, harus menggunakan jarum suntik segala. Tak jarang, setelah diisi, hasilnya pun tidak terlalu bagus, karena tintanya tumpah kemana-mana.

Singkat cerita, saya berniat akan menyelesaikan tugas mencetak dokumen-dokumen itu pada keesokan paginya. Kebetulan di rumah juga ada printer jenis inkjet. Merknya sama persis dengan yang ada di sekolah, hanya beda tipe saja.

Namun lagi-lagi sial! Semangat menyelesaikan tugas yang menggebu-gebu itu harus pupus karena printer saya macet. Rupanya, tintanya kering karena sekian lama tidak dipakai. Wal hasil, dengan penuh rasa kecewa, saya pun mencetak kekurangan dokumen di rental komputer dekat rumah.

Lebih kecewa lagi, karena rencana berakhir pekan bersama keluarga harus kandas hanya karena makhluk yang bernama printer. Sungguh, akhir pekan itu benar-benar terasa suram. Saat itu, batin ini pun hanya bisa berbisik lirih,

“Ah, andai saja saya punya printer yang bagus, rencana akhir pekan tentu akan berjalan lancar, dan hidup menjadi lebih berwarna..”

Belum selesai berandai-andai, tiba-tiba sebuah resolusi terbesit di benak. Ya, tahun ini saya akan move on dari printer lama dan menggantinya dengan printer handal yang lebih bagus dan lebih berkualitas. Tak mau kecewa untuk kedua kali, saya pun mencari referensi dan membandingkan beberapa jenis dan tipe printer. Hingga akhirnya, pilihan saya pun jatuh pada Printer Brother.
Brother printer adalah salah satu produk hasil karya Brother Group yang berkantor pusat di Nagoya, Jepang. Untuk wilayah Indonesia, perusahaan ini diwakili oleh PT. Brother International Sales Indonesia (Brother Indonesia). Sesuai dengan mottonya “at your side”, anak perusahaan yang didirikan pada 23 September 2008 ini memiliki komitmen yang kuat untuk menempatkan pelanggan sebagai prioritas utamanya.

 

 

Tau nggak, kenapa saya menjatuhkan pilihan pada printer Brother? Karena baru-baru ini, PT. Brother International Sales Indonesia secara resmi meluncurkan produk printer dan scanner terbarunya dengan mengusung tema “Coloring Indonesia with Smart Printers.”

Tema ini, konon diangkat oleh Brother Indonesia dengan tujuan untuk memperkenalkan seri printer inkjet terbaru yang super pintar. Bagaimana tidak pintar coba, jika printer ini dapat menghasilkan hasil print dengan kualitas warna yang lebih baik, sehingga memberi kemudahan dalam urusan cetak mencetak bagi saya dan seluruh masyarakat Indonesia.

Oh iya, seri printer inkjet terbaru ini terdiri dari lima model, yaitu Inkjet Multi-Function Center baru yang mencakup: DCP-T310 (print, copy, dan scan), DCP-T510W dan DCP-T710W (print, copy, scan dengan koneksi wireless), MFC-T810W (print, copy, scan, fax dengan Ethernet dan koneksi wireless), serta MFC-T910DW (2-sided print, copy, scan, fax dengan Ethernet dan koneksi wireless).

Nah, resolusi saya pada tahun 2018 ini adalah bisa meminang salah satu di antara kelimanya. Tentu tak hanya sebagai resolusi pribadi saja, karena saya juga akan merekomendasikan printer Brother ini kepada pemegang kebijakan di tempat kerja saya sebagai pengganti printer-printer yang berisik dan sering macet itu.

Lantas, sebenarnya apa sih alasan saya jatuh hati pada printer Brother? Sebabnya, tak lain tak bukan adalah karena Brother itu sendiri. Kok bisa “Brother”?

 Iya, B-R-O-T-H-E-R!

B

ekerja Secara Efisien

R

efill Mudah dan Akurat

O

psi Konektivitasnya Fleksibel

T

ajam dan Cemerlang

H

arga Terjangkau

E

fektif dan Praktis

R

endah Biaya Cetaknya

Bekerja Secara Efisien

Ya, printer Brother dapat mencetak secara variatif dengan paper tray yang muat hingga 150 lembar kertas dan dapat disesuaikan untuk berbagai ukuran kertas.

Selain itu, mesin printer Brother pada tipe DCP-T710W, MFC-T810W, dan MFC-T910DW juga sudah dilengkapi dengan Auto Document Feeder, sehingga kita dapat melakukan scan, copy, dan fax dokumen hingga 20 lembar halaman secara otomatis.

Khusus untuk printer Brother tipe MFC-T910DW malah lebih hebat lagi, karena sudah didukung multipurpose tray yang dapat memuat hingga 80 lembar kertas dengan gramasi variatif!

 

Refill Mudah dan Akurat

Printer Brother ini adalah ink tank printer yang sistem refill tintanya sudah dilengkapi dengan tutup transparan. Hal ini menjadikan level tinta pada printer Brother dapat dicek dengan sangat mudah.

Tak hanya itu saja. Dengan sistem refill printer ini, maka urusan isi ulang tinta juga tak akan menjadi masalah lagi, karena tangki tinta printer ini memang dirancang khusus dengan kemiringan 45 derajat untuk meminimalisir resiko tumpah dan bocor.

Nah, untuk melakukan isi ulang, cukup dengan membuka tutup tangki yang terletak di bagian depan Multi-Function Center, menuangkan tinta, kemudian menutupnya kembali.

Opsi Konektivitasnya Fleksibel

Kelima printer Brother seri Inkjet Multi-Function Center terbaru ini, kecuali printer Brother tipe DCP-T310, sudah built-in Wireless atau Wifi-Direct dari desktop PC, laptop, smartphone maupun tablet.

Khusus untuk printer Brother tipe MFC-T810W dan MFC-T910DW, konektivitasnya lebih lengkap lagi, karena kedua tipe ini sudah dilengkapi built-in Ethernet network. Fitur-fitur tersebut memungkinkan sebuah printer Brother ini bisa digunakan oleh banyak pengguna dalam satu waktu.

Dengan opsi konektivitas yang fleksibel tersebut, kita pun bisa mencetak dokumen dari mana saja dan kapan saja.

 

Tajam dan Cemerlang

Semua model printer Brother tipe Inkjet Multi-Function Center ini menggunakan tinta hitam BTD-60BK dan tinta warna BT-5000C/M/Y. Kedua tipe tinta tersebut merupakan tipe tinta dye ink yang dapat menghasilkan kualitas warna yang lebih tajam dan cemerlang.

Empat tinta pewarna dan resolusi cetak gambarnya yang mencapai 6.000 dpi, menjadikan color printer yang satu ini memiliki kualitas cetak yang benar-benar  lebih tajam. Sehingga, selain mencetak dokumen, printer Brother juga sangat mumpuni untuk mencetak berbagai macam gambar berwarna, seperti infografis, brosur, foto, dan gambar berwarna-warni lainnya.

Harga Terjangkau

Bagi sebagian orang, masalah harga terkadang memang menjadi masalah yang sensitif. Namun jangan khawatir, dengan berbagai keunggulannya, kelima printer Brother seri Inkjet Multi-Function Center ini ternyata ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk memiliki printer Brother tipe DCP-T310, kita cukup mengeluarkan dana sekitar Rp 2.390.000, tipe DCP-T510W Rp 2.890.000, dan tipe DCP-T710W Rp 3.590.000. Adapun printer Brother tipe MFC-T810W dibandrol dengan harga Rp 4.590.000, sedangkan tipe MFC-T910DW Rp 5.890.000. Tidak banyak menguras isi kantong kan?

 

Efektif dan Praktis

Dengan kecepatan cetak hingga 12 ipm (image per minutes) untuk halaman hitam-putih, dan 10 ipm untuk halaman warna, printer Brother sudah pasti akan membuat urusan cetak-mencetak menjadi sangat efektif. Dengan kecepatan cetak yang tinggi tersebut, maka pekerjaan mencetak kita akan selesai dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Sisi praktisnya, tampak dari adanya layar LCD dan control panel, yang memungkinkan navigasi pengaturan cetaknya menjadi lebih mudah. Hebatnya lagi, fitur ini juga bisa mendeteksi kesalahan yang terjadi pada saat kita akan melakukan proses mencetak. Keren kan?

Rendah Biaya Cetaknya

Sekali isi ulang, berapa lembar sih yang bisa dicetak dengan printermu saat ini? Seratus atau seribu? Nah, jika menggunakan printer Brother, kita bisa mengurangi biaya cetak per halaman. Ya, tinta ultra high-yield pada printer Brother dapat mencetak hingga 6500 halaman hitam-putih dan 5000 halaman berwarna setiap kali isi ulang.

Lebih hebat lagi, printer Brother tipe MFC-T910DW sudah dilengkapi fitur Auto 2-Sided Printing yang bisa mencetak 2 sisi secara otomatis. Selain menghemat penggunaan kertas hingga 50%, fitur ini juga mendorong kita untuk ikut serta melestarikan lingkungan. Iya kan?

 

Nah, itulah nilai plus dari kelima seri terbaru printer Brother Inkjet Multi-Function Center yang tidak dimiliki oleh printer-printer lain. Setidaknya ada 7 kehebatan printer Brother seri ini yang memang menjadikannya layak dan pantas untuk dicinta, serta dijadikan pilihan saat kita akan mencari sebuah printer baru. Kelima seri printer Brother ini sudah pasti akan memberikan warna yang nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia, apapun profesi dan pekerjaannya.

 

#InkTankPrinterBrother

***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Review Competition Printer Brother “Coloring Indonesia with Smart Printers”