Menyambut revolusi industri 4.0:

menjawab sejuta tantangan dengan memaksimalkan

sebuah peluang

Selamat datang di era Revolusi Industri 4.0!

Era ketika banyak pekerjaan manusia dalam dunia produksi diambil alih oleh robot. Ya, Revolusi Industri 4.0 adalah eranya artificial intelligence dengan automasi robot yang lebih efektif dan efisien. Perusahaan-perusahaan kini bisa menghemat puluhan persen anggaran untuk menggaji karyawannya. Mereka hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya perawatan untuk para robotnya. Dan, inilah yang dinamakan distrupsi, pemangkasan proses dan pengeluaran dalam produksi.

Selamat datang di era Revolusi Industri 4.0! Era ketika printer tak hanya bisa menghasilkan gambar 2D, melainkan mencetak dengan hasil dalam bentuk 3D. Bahkan, membuat apapun semudah menge-print kertas. Semua bisa didesain sesuai dengan keinginan masing-masing. Sepertinya agak berlebihan. Namun faktanya, kini memang sudah ada perusahaan di bidang konstruksi dari Rusia yang menggunakan printer 3D untuk membangun sebuah bangunan!

 

Selamat datang di era Revolusi Industri 4.0! Era ketika teknologi big data analytics telah banyak diaplikasikan oleh para pengembang platform digital. Saat mengakses facebook misalnya, entah disadari atau tidak, seorang cowok tidak pernah mendapati iklan seputar barang-barang cewek. Begitu pun sebaliknya. Nah, hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan semata, Guys. Melainkan, data-data tentang kita sebagai pengguna memang sudah diketahui oleh sistem, sehingga sistem pun akan tahu iklan mana yang kita sukai dan mana yang tidak.

Selamat datang di era Revolusi Industri 4.0!

Era ketika teknologi machine learning telah mengurangi peran-peran para pekerja. Saat belanja di kawasan PIK Avenue, Jakarta, mungkin kalian akan kaget dengan adanya toko tanpa kasir. Ya, pembeli bisa langsung mengambil barang-barang yang dibutuhkan yang ada di toko ini, kemudian meninggalkan toko tanpa harus antre di kasir. Mereka hanya diminta untuk melewati proses identifikasi wajah, untuk kemudian barang belanjaannya akan secara otomatis terbayar oleh kartu kredit yang sudah terdata di aplikasi smartphone-nya.

Wah, keren ya?

Nah, itulah yang disebut sebagai era internet of things, internet untuk segalanya. Era ketika segala sesuatu dalam hidup kita ini terhubung dengan jaringan internet. Era yang membawa perubahan besar dan selalu memunculkan berbagai tantangan bagi siapapun yang menemuinya.

So, mari kita sambut era Revolusi Industri 4.0 dengan sejuta tantangannya!

sejuta tantangan

di era Revolusi industri 4.0

Tak bisa dipungkiri, perubahan dari sebuah revolusi industri mulai Revolusi Industri 1.0 hingga 4.0 terjadi sangat dramatis dengan kecepatan yang luar biasa. Dahulu, pada saat Revolusi Industri 1.0, tenaga manusia dan hewan seketika tergantikan oleh mekanisasi dan energi berbasis uap air.

Kemudian pada Revolusi Industri 2.0, perubahannya ditandai dengan adanya manufaktur dan produksi massal sebagai dampak positif dari penemuan energi listrik, motor penggerak, serta sistem pembagian kerja. Penemuan-penemuan tersebut juga memicu munculnya penemuan lain, seperti pesawat telepon, mobil, dan pesawat terbang yang membuat waktu dan jarak terasa semakin dekat.

Waktu dan ruang pun tidak lagi berjarak ketika Revolusi Industri 3.0 terjadi. Berkembangnya industri berbasis elektronika, teknologi informasi, serta internetlah yang menjadi pemicunya. Di era ini, dunia seakan tiada berjarak lagi, karena semuanya serba real time atau kekinian.

Hari ini, Revolusi Industri 4.0 tengah berlangsung. Ditandai dengan berkembang dengan pesatnya teknologi-teknologi abad 21, seperti machine learning, big data analytics, artificial intelligence, 3D printing, hingga internet of things. Dan, sejarah mencatat, setiap terjadi Revolusi Industri selalu memunculkan sejuta tantangan bagi siapapun yang menemuinya.

Ibarat sebuah gelombang pasang yang datang secara tiba-tiba, jika tidak siap, kita pun akan hanyut ditelan arus teknologi Revolusi Industri 4.0.

Lantas, apa saja sih tantangan Revolusi Industri 4.0?

Satu tantangan besar pertama, adalah berupa transformasi industri yang berimbas pada tersisihnya model industri lama akibat munculnya model industri baru. Tentu, dengan model yang baru dan pemain yang baru. Bisa kita saksikan bagaimana saat ini pasar-pasar tradisional mulai tersisihkan oleh keberadaan ecommerce yang pertumbuhannya bak jamur di musim penghujan.

Kita juga bisa menyaksikan keberadaan media cetak yang kini mulai tergantikan oleh media online. Layanan ojek tradisional juga kalah saing dengan layanan ojek berbasis online, dan lain sebagainya. Semuanya serba digital. So, siapapun yang akan membangun bisnis di era ini, ia pun harus memastikan bahwa bisnis yang dibangun dan dikembangkannya adalah bisnis yang berbasis digital.

Tantangan selanjutnya, adalah hilangnya 999.999 jenis pekerjaan. Angka tersebut tentu bukanlah jumlah yang sebenarnya, melainkan untuk menggambarkan betapa banyaknya jenis pekerjaan yang hilang akibat tergantikan oleh automasi robot.

Tak hanya pekerjaan-pekerjaan yang bersifat repetitive saja, melainkan pekerjaan-pekerjaan analitis dari beragam profesi seperti dokter, guru, pengacara, analis keuangan, konsultan, wartawan, akuntan, hingga penerjemah.

Dengan kemajuan teknologi berupa machine learning, big data analytics, artificial intelligence, 3D printing, hingga internet of things, maka pekerjaan-pekerjaan pun akan bergeser dari pekerjaan manual berpenghasilan rendah hingga menengah ke pekerjaan kreatif berpenghasilan tinggi.

Hal ini jelas akan memicu pengangguran massal, karena menurut penelitian, sekitar 30 persen tugas dari dua pertiga jenis pekerjaan di dunia akan tergantikan oleh teknologi seperti robot atau kecerdasan buatan. Itulah sejuta tantangan di era Revolusi Industri 4.0 ini.

selalu ada peluang

di balik sejuta tantangan

Selalu ada kesempatan di balik kesempitan, dan selalu ada peluang di balik tantangan. Begitulah kata pepatah. Demikian juga dengan Revolusi Industri 4.0, di balik sejuta tantangannya, ada sejuta peluang yang bisa menjadi jawaban kita agar bisa sukses di tengah gelombang pasang era Revolusi Industri 4.0.

Sekitar 75 hingga 375 juta tenaga kerja di dunia, sebagaimana hasil penelitian McKinsey Global Institute, boleh saja terancam kehilangan mata pencaharian. Namun, jutaan peluang pekerjaan baru juga terbuka lebar bagi siapapun yang mampu melakukan ‘skill transformation’ menuju skill set baru yang dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0. Satu contoh saja, digital marketing atau pemasaran digital.

Profesi yang bertugas melakukan pemasaran baik produk maupun jasa melalui media internet tersebut dalam beberapa tahun terakhir ini tengah naik daun. Hal tersebut tak terlepas dari banyaknya konsumen yang mencari produk ataupun jasa melalui media internet. Bahkan, menurut sebuah penelitian, angkanya mencapai sekitar 97%.

Itulah alasan kenapa digital marketing ini memang menjadi salah satu peluang yang patut untuk dimaksimalkan di era Revolusi Industri 4.0 ini. Meskipun, masih banyak profesi-profesi lain yang juga bisa dijadikan peluang menjanjikan, seperti content creator, content writer, cyber security, web developer, digital public relations, dan lain sebagainya.

Satu hal yang pasti, profesi digital marketing dan semua profesi-profesi tersebut tak jauh dari yang namanya dunia digital. Sehingga, agar sukses menekuni bisnis-bisnis tersebut, kita pun harus menguasai barbagai skill seperti SEO, strategi media sosial, produksi content digital, hingga kemampuan membangun website yang berkualitas sebagai sarana personal branding atas jasa yang akan kita tawarkan.

bangun website keren

untuk sukses bisnis online

Ada banyak alasan kenapa website menjadi sangat penting bagi kita untuk menjawab sejuta tantangan di era Revolusi Industri 4.0 ini. Ya, selain sebagai bentuk citra personal branding, keberadaan website juga berfungsi sebagai tempat distribusi informasi, sekaligus sebagai media untuk membangun kredibilitas dan integritas yang efektif serta efisien. Website juga sangat penting bagi eksistensi bisnis kita di dunia maya.

Berbicara tentang website, bagi saya, website itu ibarat sebuah bangunan rumah yang didirikan di atas kapling perumahan. Kapling, alamat bangunan, serta sistem pengamannya, dalam jaringan internet merepresentasikan sebagai hosting, domain serta SSL. Oleh karenanya, ketiga hal tersebut menjadi pertimbangan yang tidak boleh ditinggalkan saat kita akan membangun sebuah website yang keren dan berkualitas.

Website yang keren dan berkualitas itu tak jauh beda dengan sebuah rumah idaman di komplek perumahan. Saat akan membangunnya, kita tentu harus memilih developer atau pengembang yang terpercaya. Demikian juga untuk membangun sebuah website yang keren dan berkualitas, kita juga harus cerdas dalam memilih penyedia layanan website yang berkualitas. Mengingat, saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan domain, web hosting, serta SSL.

Sama halnya dengan kapling, sebuah kapling yang baik pada umumnya ditawarkan dengan harga yang tinggi. Dalam membuat website yang cepat dan berkualitas pun demikian. Biasanya, kita harus merogoh kantong dalam-dalam untuk mendapatkan layanan web hostingnya. Namun, tidak demikian jika kita memilih Niagahoster. Pasalnya, Niagahoster merupakan perusahaan yang memberikan layanan domain murah, hosting terbaik, dan SSL tanpa mengesampingkan kualitas layanan.

Perusahaan web hosting yang beralamat di Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 81 Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta ini merupakan bagian dari Hostinger Group, sebuah grup hosting international yang berpengalaman menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia. Maka, sangatlah tepat jika Niagahoster dijadikan sebagai mitra untuk meningkatkan kredibilitas bisnis dan website kita di era Revolusi Industri 4.0 ini.

Saya pun telah memulainya membangun sebuah website yang keren dan berkualitas dengan melakukan migrasi hosting blog kangmasroer.net ini ke paket Pelajar yang ditawarkan oleh Niagahoster.

Lantas, sebenarnya apa saja sih keunggulan Niagahoster jika dibandingkan dengan penyedia web hosting lainnya? 

Dari pengalaman menggunakan hosting paket Pelajar dan Comodo Positive SSL dari Niagahoster untuk blog kangmasroer.net selama ini, saya bisa menarik sebuah kesimpulan, bahwa Niagahoster ini memang memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Performa WP yang Dahsyat

Web hosting dari Niagahoster, secara khusus telah dioptimasi untuk menghadirkan performa website WordPress yang lebih dahsyat. Hal ini bisa saya rasakan karena sebelum migrasi hosting ke Niagahoster, setahun sebelumnya saya menggunakan hosting dari provider lain untuk blog kangmasroer.net ini.

cPanel Hosting Unlimited

Niagahoster menyediakan fasilitas cPanel hosting unlimited dengan CloudLinux dan SpamExperts. Kita dapat mengunduh beragam aplikasi untuk membangun sebuah website yang berkualitas dengan mudah. Bahkan, semuanya dapat dilakukan meskipun oleh seorang pemula.

Tim Support 24 Jam Non Stop

Tim support Niagahoster selama 24 jam per hari, dan 7 hari per minggu non-stop selalu siap untuk membantu kita. Tidak sekadar isapan jempol semata, karena saya sendiri punya pengalaman berkomunikasi dengan customer servicenya melalui live chat sekitar pukul 01.00 dini hari.

Termurah di Kelasnya

Harga hosting di Niagahoster sangat murah, mulai Rp 8.000,- per bulan. Belum lagi dengan berbagai promo yang ditawarkannya. Sebagai contoh, paket Pelajar untuk kangmasroer.net ini harga normalnya Rp 777.600,- per tahun, namun karena sedang promo, saya cukup membayar Rp 233.280,- saja.

Server Cepat Tidak Pernah Down

Niagahoster menggunakan Green Data Center Tier-4 milik DCI Indonesia yang berstandar internasional. DCI Indonesia sendiri adalah bagian dari Equinix, penyedia data center terbaik di dunia yang menjamin web hosting website kita memiliki performa uptime hingga 99,999%!

Garansi 30 Hari Uang Kembali

Niagahoster memberikan garansi 30 hari uang kembali. Ya, jika kita merasa tidak puas dengan layanan yang diberikannya, Niagahoster bersedia untuk mengembalikan uang kita sepenuhnya. Garansi tersebut berlaku untuk jangka waktu 30 hari pertama setelah layanan diaktifkan.

Nah, itulah beberapa keunggulan Niagahoster jika dibandingkan dengan penyedia web hosting lainnya. Dengan berbagai keunggulan tersebut, maka Niagahoster memang sangatlah tepat untuk dijadikan sebagai mitra penyedia web hosting bagi website yang kita bangun dalam rangka menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

Apapun bisnis online yang akan kita kembangkan; digital marketing, toko online, content creator dan lain sebagainya, pastikan kita memulainya dengan membangun sebuah website yang keren dan berkualitas. Bersama Niagahoster, mari kita maksimalkan sebuah peluang untuk menjawab sejuta tantangan di era Revolusi Industri 4.0!

***

#BuildSuccessOnline #BlogKontesNiagahoster

Share This